Gresik United In Future, Good Suggestion for You

Danau kembar,kekayaan alam maha indah di daerah selatan Sumatera Barat tepatnya di Alahan Panjang, Kabupaten Solok. Daerah asal Gamawan fauzi, (mendagri saat ini-red) . Dulu aku menganggap keindahan danau ini biasa saja, tapi guliran waktu dan perjalanan kakiku melangkah, berkelana dari satu negeri ke negeri lain , membuatku tersadar danau kembar adalah keindahan alam yang patut dibanggakan  dan layak sejajar dengan destinasi wisata lain di Indonesia yang memang kaya dengan keindahannya ini.

Kenapa dinamai kembar??? he...karena dia memang kembar (jawaban asbun, anak TK juga tau kaleee.). lets continue..tak tau bermula dari mana dua danau ini dinamakan danau kembar. Tapi yang pasti dua danau ini, danau di ateh dan danau di bawah, lokasinya berdekatan, tapi tidak bersebalahan. Dua danau ini terpisah dan berbeda ketinggian.  Dan anehnya Danau di ateh (diatas red) letaknya berada pada ketinggian yang lebih rendah dibandingkan danau di bawah. Sampai sekarang kepenasaranku tentang penamaan danau ini belum terjawab, belum menemukan narasumber yang tepat. tapi yo weslah, apalah artinya sebuah nama.ya nga?.  Disamping letaknya yang berdekatan luas danau ini pun hampir sama.Danau di ateh luas 1.720 hektar dan danau dibawah 1.680 hektar.

Keindahan danau di ateh bisa dinikmati dari jalan lintas padang-sungai penuh. hamparan perladangan sayur penduduk setempat memberi warna berbeda pada danau ini. Untuk mendapatkan view dan sudut pandang nan elok pengunjung bisa mengunjungi sebuah wisma yang telah dibangun oleh dinas pariwisata Kabupaten Solok.  sedangkan untuk mencapai danau di bawah dari jalan lintas ini harus menempuh perjalanan kira-kira 5-10 menit perjalanan. Dua danau yang berdekatan ini memberikan aura keindahan yang berbeda.Apalagi disaat cuaca cerah...

Udara di  Alahan panjang ini sangat dingin...brurrrrr. Apalagi pagi hari. menyentuh air disini serasa menjamah lemari es. maka tek heran pagi hari sampai jam 10 an ada pemandangan menarik dari kebiasaan penduduk setempat yaitu "bakaluntuang kain saruang"  kalo diterjemahkan dalam bahasa Indonesia membalut tubuh dengan kain sarung ketika melakukan aktifitas di luar rumah. Cara memakainya sangat khas. sayang sekali saya tak sempat mengabadikannya. mau tau? yah langsup capcup ke Alahan Panjang ini. (provokator)

Tak hanya kaya dengan keindahan alamnya, Alahan Panjang ini pun dianugrahi tanah yang subur ditambah topographinya berada pada dataran tinggi menjadikan daerah ini sentra pertanian sayuran utama Sumatera barat. Hamparan perladangan kol, bawang, wortel dan markisa akan dijumpai sepanjang perjalanan menuju kawasan ini.  sepanjang jalan pun banyak ditemui pedagang markisa yang telah dirangkai pada seutai tali rapiah atau disini dikenal dengan jarek . Jadi membeli markisa di alahan panjang tidak dengan satuan kg atau apalah tapi dengan jarek. Satu jarek bisa berisi 10-12 buah markisa.

akses menuju Alahan Panjang tidak terlalu susah. Dari Bandara International Minang Kabau (BIM)  dapat di tempuh kira-kira 2-3 jam dengan jarak sekitar 60 km.
BIM- Kota Padang (bay pass) pemberhentian terakhir tranek: Rp.18.000
Dari Bay Pass naik bis atau travel ke Alahan Panjang/ Muara Labuh: Rp. 15.000

selamat menikmati keindahan pesona selatan Sumatera Barat. masih banyak keindahan lain yang harus anda rasakan...