Gresik United In Future, Good Suggestion for You

Setellah 2 hari ga nulis akhirnya saya menulis kmbali.. article kali ini saya akan membahas bagaimana cara instalasi codeigniter..
sebelumnya kita harus tau apa itu code igniter... sebenernya saya juga kurang tau apa itu codeigniter.. cuman karena sekarang saya sedang belajar PHP jadi saya tulis aja nih article ya buat referensi jika suatu saat saya belajar codeigniter.. yang saya tau codeigniter adalah sebuah framework untuk sebuah php jadi supaya penggunaan / pembuatan sebuah program php jadi lebih mudah hehe .. buat master2 kalo saya salah tolong dimaafkan dan tolong dijelaskan lagi hehe...
oke ini dia cara intsalasi codeigniter
=====================================================
Download terlebih dahulu CodeIgniter dari situs resminya disini. Hasilnya akan berupa file CodeIgniter_1.7.2.zip. Kemudian ekstrak kemudian ubah nama filenya menjadi CodeIgniter (optional, hanya mengacu pada tulisan ini saja untuk mempermudah). Lalu pindahkan file CodeIgniter tersebut ke folder /opt/lampp/htdocs/ yang berarti kita menggunakan lampp sebagai web servernya. Lampp sendiri bisa didownload disini.
Hasil instalasi bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

Untuk mengujinya mari kita buat Hello, world sederhana. Pertama kita buat sebuah View bernama hello_view.php yang berisi seperti dibawah ini :


Hello, world...!!!


hello.view ini nantinya akan di load oleh Controller hello.php dan ditampilkan ke browser.
Kemudian kita memiliki sebuah Controller bernama hello.php yang berisi seperti dibawah ini :

class Hello extends Controller {     function index()     {         $this->load->view('hello_view');     } } ?>



Perhatikan bahwa penulisan nama file harus menggunakan huruf kecil dan penulisan nama kelas menggunakan huruf kapital.
Perhatikan gambar hirarki dibawah ini :

Perhatikan bahwa seluruh file aplikasi CodeIgniter kita berada pada folder system/application. Seluruh file .php dipecah ke folder masing-masing sesuai dengan jenisnya yang memudahkan dalam proses pembuatan website.
Sebelumnya atur dahulu config.php yang berada di application/config dan ubah base_url seperti dibawah ini :

$config['base_url'] = "http://localhost/CodeIgniter";
Dengan mengubah base_url, berarti kita telah mengatur url default dari situs kita. Dalam contoh diatas, url dari situs kita adalah http://localhost/CodeIgniter/ dan semua kelas yang kita buat dipanggil melaluinya.
Jangan lupa untuk menyalakan lampp dahulu. Kembali ke browser dan ketik

ttp://localhost/CodeIgniter/index.php/hello/index

isi dari hello_view.php akan tampil seperti di bawah ini :
Sumber : http://awansembilan.blogspot.com