Gresik United In Future, Good Suggestion for You

Kerajaan Majapahit pernah ada di timur pulau Jawa dan memerintah Madura, Bali dan banyak daerah lainnya di Nusantara, dari kurang lebih tahun 1293 Masehi ke sekitar tahun 1500.
Penguasanya yang paling luar biasa ialah Hayam Wuruk, pemerintahannya berlangsung dari tahun 1350 ke 1389.
"Kerajaan Majapahit"
Majapahit adalah yang terakhir dan sekaligus yang terbesar di antara kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara. Didahului oleh kerajaan Srivijaya (Sriwijaya), yang beribukotakan Palembang di pulau Sumatra.
Pendiri Majapahit, Kertarajasa, anak menantu penguasa Singhasari, juga berpangkalan di Jawa. Sesudah Singhasari mengusir Srivijaya dari Jawa secara keseluruhan pada tahun 1290, kekuasaan Singhasari yang naik menjadi perhatian Kublai Khan di China dan dia mengirim duta yang menuntut upeti. Kertanagara, penguasa kerajaan Singhasari, menolak untuk membayar upeti dan Khan memberangkatkan ekspedisi menghukum yang tiba di pantai Jawa tahun 1293. Ketika itu, seorang pemberontak dari Kediri, Jayakatwang, sudah membunuh Kertanagara. Pendiri Majapahit bersekutu dengan orang Mongolia melawan Jayakatwang dan, satu kali Singhasari kerajaan binasa, membalik dan memaksa sekutu Mongolnya untuk menarik kembali secara kalang-kabut.
"Kerajaan Majapahit"
Gajah Mada, seorang patih dan bupati Majapahit ambisius dari 1331 ke 1364, memperluas kekuasaan kekaisaran ke pulau sekitarnya. Beberapa tahun sesudah kematian Gajah Mada, angkatan laut Majapahit menduduki Palembang, menaklukkan daerah terakhir kerajaan Sriwijaya.
Walaupun penguasa Majapahit melebarkan kekuasaan mereka di tanah seberang di seluruh Nusantara dan membinasakan kerajaan-kerajaan tetangga, fokus mereka kelihatannya hanya untuk menguasai dan memonopoli perdagangan komersial antar pulau.
Ketika Majapahit didirikan, pedagang Muslim dan para penyebar agama mulai memasuki Nusantara. Sesudah mencapai puncaknya pada abad ke 14, tenaga Majapahit berangsur-angsur melemah dan perang suksesi yang mulai dari tahun 1401 dan berlangsung selama empat tahun melemahkan Majapahit. Setelah ini Majapahit ternyata tak dapat menguasai Nusantara lagi. Sebuah kerajaan baru yang berdasarkan agama Islam, yaitu Kesultanan Malaka mulai muncul dan menghancurkan hegemoni Majapahit di Nusantara. Kehancuran Majapahit diperkirakan terjadi pada sekitar tahun 1500’an meskipun di Jawa ada sebuah khronogram atau candrasengkala yang berbunyi seperti ini: sirna hilang kretaning bumi. Sengkala ini konon adalah tahun berakhirnya Majapahit dan harus dibaca sebaga 0041 = 1400 Saka => 1478 Masehi. Arti daripada sengkala ini adalah “sirna hilanglah kemakmuran bumi (Majapahit)”.
"Kerajaan Majapahit"
Zaman pra-kolonial
Kerajaan Hindu/Buddha
Kerajaan Sriwijaya
Kerajaan Majapahit
Kerajaan Mataram (Hindu)
Kerajaan Tarumanagara
Kerajaan Islam
Kesultanan Demak